Kamis, 02 Agustus 2012

INFO KESEHATAN ANAK


Otak Kanan dan Otak Kiri

Untuk merangsang orak kiri dan kanan agar berkembang optimal dan seimbang, anak harus dilatih menggunakan tangan kanan dan kiri sama seringnya, terutama mulai bayi sampai umur 2 tahun, ketika perkembangan otak sangat pesat. Dengan perkembangan otak kiri dan kanan yang seimbang dan optimal, maka anak dapat mempunyai kecerdasan mutipel (multiple intelgensia).Kesehatan anak-anak ini tentunya yang diharapkan oleh kita semua.

Nutrisi penting untuk perkembangan otak

Karena tumbuh kembang otak sejak kehamilan 6 bulan sampai umur 2 tahun sangan cepat dan penting, maka bayi membutuhkan kesehatan anak-anaknutrisi yang lengkap, karena sampai berumur 1 tahun 60% enerji makanan bayi digunakan untuk pertumbuhan otak. Selain itu bayi dan balita membutuhkan vitamin B1, B6, asam folat, yodium, zat esi, seng, AA, DHA, sphyngomylin, sialilc acid dan asam-asam amino seperti tyrosine dan tryptophan.
ASI mengandung semua kebutuhan nutrisi tersebut, termasuk AA, DHA, sphyngomylin dan sialic acid. DHA berpengaruh pada ketajaman penglihatan dan tingkat kecerdasan bayi. Asam lemak omega 3, 6,  penting untuk membentuk pembungkus syaraf, demikian pula sphyngomylin. Asam amino membentuk struktur otak dan zat penghantar rangsang (zat neurotransmitter) pada sambungan sel syaraf.

Tambahan vitamin.

Tyrosine dan Triyptophane sebagai bahan baku pembuat neurotransmitter ketekolamin dan serotonin yang mempengaruhi pengendalian diri, pemusatan perhatian (konsentrasi), emosi dan perilaku anak. Vitamin B6 penting untuk enzim otak. Kekurangan zat besi dan yodium akan menyebabkan rendahnya kecerdasan. Seng ditubuhkan untuk pembelahan dan kemampuan membran sel-sel otak.
Sialic Acid (SA) dibutuhkan untuk membangun Gangliosida membran sel otak/saraf. Gangliosida berperan dalam proses penghantaran impuls dan satu sel saraf ke sel saraf lainnya, yang berpengahuh terhada kecepatan proses pembelajaran (learning) dan pembentukan memori.Kesehatan anak-anak ini tentunya menjadi prioritas utama bagi kita semua.


Sumber : Info Kesehatan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

kesehatan membawa arti penting bagi keluarga