Jumat, 20 Juli 2012

Hipertensi ??? KURANGI KONSUMSI GARAM

Jika anda sering merasa pusing, sakit kepala dan tengkuk pegal, segera periksa tekanan darah anda, jika tekanan sistolik/diastoliknya melebihi 120/180 mm Hg, kemungkinan Anda mengalami Hipertensi.

Sebelum bertambah parah dan terjadi komplikasi yang lebih serius, seperti gagal ginjal, serangan jantung atau stroke, lakukan pencegahan dan pengendalian dengan mengubah gaya hidup dan pola makan. Umumnya hipertensi erat hubunganya dengan gaya hidup tak sehat, seperti kurang olahraga, stres, kebiasaan minuman beralkohol, merokok, termasuk pola makan yang tidak sehat.

Pembatasan asupan natrium (garam) sangat diperlukan untuk penderita hipertensi. Bila Natrium dikonsumsi secara berlebihan ginjal akan sulit untuk membuangya, akibatnya akan menumpuk didalam darah karena natrium itu sifatnya menarik dan menahan air, sehingga volume darah meningkat menyebabkan jantung memompa lebih keras, akibatnya tekanan darah dalam arteri meningkat dan terjadilah Hipertensi.

sekali dinyatakan Hipertensi, maka seumur hidup seseorang sulit untuk lepas darinya.

Berikut Tips untuk Mengurasi Konsumsi Garam
1. Hindari konsumsi makanan sip saji, makanan kalengan (Sardin, kornet), makanan beku (sosis, nugget, ayam goreng), aneka cemilan yang mengandung banyak garam, MSG, bumbu instant dan pengawet.

2. Pilih makanan dengan koposisi garam yang rendah.

3. Batasi penggunaan bumbu masak seperti kecap, terasi, kaldu blok instant, saus tomat, saus cabai, petis, dan tauci, karena bumbu-bumbu tersebut banyak kandungan garamnya.

4. Perbanyak minum air putih.

paras-2011

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

kesehatan membawa arti penting bagi keluarga